TENTANG BATIK

BATIK ada yang menyebut dari kata Amba lan titik memang dalam pembuatan batik terdapat arsiran ( gambar ombo ) dan titik titik kecil Batik bukan sekedar gambar tapi motif yang dibuat dengan makna dan filosofi

Salah satunya batik KAWUNG .Jaman dahulu batik ini hanya boleh di pakai keluarga kerajaan . Karena sang pemakai adalah seorang Raja /keluarga kerajaan diharapkan sang pemakai akan mempunyai hati yang bersih, dapat menjadi pengayom , pemimpin yang bisa Menata kehidupan yang baik dan bisa menjadi panutan bagi rakyatnya.
Batik tersebut mempunyai pola geometris bergambar 4 penjuru dengan titik di tengah dan berkesinambungan berurutan membentuk satu kesatuan. Tengah melambangkan pusat / Pemimpin , Seorang Pemimpin harus dapat berperan sebagai pengendali kearah perbuatan yang tertata rapi dan dan selalu terlihat baik rapi merangkul setiap elemen. Empat penjuru , sedulur 4 - 5 pancer , Manusia jangan sampai lupa sangkan paraning dumadi Manusia harus ingat dari mana dia berasal dan kemana dia akan kembali. Jika manusia mengetahui hal tersebut maka manusia akan tahu hakekat akan kehidupan.
Batik kawung terinspirasi dari buah KOLANG-KALING yang jika buahnya dibelah terlihat bersimetris 4 , daging buah berwarna putih bening , melambangkan hati nurani yang bersih , kesucian hati nurani.
Jaman sekarang , sepertinya siapaun bisa memakai , Ki-semar pun memakai batik kawung dan pantas karena walaupun ki Semar punokawan tetapi mempunyai jiwa yang adi luhung

Paink--- 2-10-2018

Komentar